×

Penerapan 9 Prosedur Pencegahan Penularan COVID-19/Corona di Yanasurya

By: Yanasurya Admin | Posted: 12 May 2020



Menyebarnya pandemi COVID-19 menyebabkan banyak bisnis kecil hingga besar mulai menghentikan sementara produksinya untuk mencegah adanya penularan infeksi di lingkungan kerja, termasuk di antara karyawannya. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang tetap membuka lahan bisnisnya. Namun, tetap harus ada prosedur yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk atasi infeksi COVID-19 tersebut di tempat usaha.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengimbau agar para pelaku UKM untuk menerapkan prosedur pencegahan COVID-19 di tempat usaha masing-masing. “Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pelaku usaha dalam pencegahan virus Corona tersebut,” tegasnya dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (18/3/2020), dikutip dari laman UKM Indonesia.

Bagaimana Yanasurya dengan sebagai produsen Pallet Plastik terbesar di Indonesia menanggapi dampak pandemi Virus Corona atau COVID-19? Meskipun tidak semua divisi beroperasi kami memastikan bahwa penerapan protokol Pencegahan Penularan COVID-19 tetap dijalankan.

Ketika para karyawan tiba di lokasi produksi Pallet Plastik sesuai jam tugasnya, kami telah membetuk tim khusus yang dilatih untuk memastikan dijalankannya protokol pencegahan COVID-19. Ini penting mengingat laporan dari berbagai lembaga kesehatan yang menunjukkan bahwa penderita COVID-19 mungkin tidak memiliki gejala sakit.

Berikut 9 prosedur yang telah Yanasurya terapkan untuk mencegah tingkat transmisi COVID-19:

1) Melakukan penyemprotan disinfektan untuk memastikan sterilnya seluruh area dan peralatan usaha Yanasurya dengan frekwensi 1 minggu 2 kali.

2) Setiap karyawan, supplier, ekspedisi dan tamu yang akan masuk ke area Yanasurya akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, sterilisasi cairan disinfektan dan mencuci tangan dengan handsanitiser.

3) Supplier, ekspedisi dan tamu diwajibkan memakai masker dan sarung tangan saat berada di area Yanasurya.

4) Menerapkan physical distancing sesuai anjuran Kemenkes minimal 1 meter baik dalam antrian atau antar meja / kursi staf. Juga mempraktikkan prosedur kebersihan yang ketat.

5) Menghentikan semua kunjungan atau pertemuan publik kecuali tidak bisa ditunda. Kami membatasi jumlah pihak yang bertemu secukupnya.

6) Memanfaatkan teknologi Conference untuk urusan interaksi kerja seperti diskusi, penawaran dan mengirimkan pesan dan data.

7) Memasang poster pengingat seluruh lokasi kantor dan produksi Pallet Plastik untuk mencuci tangan menggunakan Sabun / Handsanitizer / Alkohol secara berkala.

8) Setiap hari jam 10.00 sekitar 15 menit, seluruh karyawan akan bergantian berjemur di depan area lobby.

9) Menyediakan makan siang yang bergizi dan higienis dalam wadah tertutup. Peralatan makan sekali pakai digunakan untuk semua karyawan.

Tentu dengan diterapkannya langkah-langkah diatas, kami Yanasurya ingin agar seluruh staf, pekerja, supplier dan pelanggan bisa tetap aman dan sehat. Kami ingin agar produk Pallet Plastik yang berkualitas tetap tersedia tanpa mengabaikan aset terpenting kami yaitu menjaga semua orang tetap terhindar dari COVID-19.